Cara Membuat Pernak pernik Gelang Manik-Manik

Cara Membuat Pernak pernik Gelang Manik-Manik – Gelang itu menyenangkan dan mudah dibuat. Orang-orang dari segala usia bisa membuatnya, bahkan anak-anak.

Cara Membuat Pernak pernik Gelang Manik-Manik

partypail – Ini juga akan menunjukkan kepada Anda bagaimana menggunakan kawat, manik-manik crimp (manik-manik logam kecil yang digunakan untuk memperbaiki simpul) dan kait untuk membuat gelang yang lebih rumit.

1. Melakukan Persiapan

Melansir wikihow, Jika Anda seorang pemula, harap pertimbangkan untuk menggunakan karet gelang. Gelang seperti ini menyenangkan dan mudah dibuat. Anda hanya perlu memasang manik-manik di tali dan mengikatnya. Tidak perlu terhubung. Untuk mempelajari cara membuat gelang manik-manik elastis, silakan temukan instruksinya. Anda dapat membeli kabel bungee di bagian manik-manik di toko manik-manik atau toko kerajinan.

Kabel bungee transparan memiliki ketebalan yang berbeda. Semakin tebal elastisitasnya, semakin kuat elastisitasnya, sehingga cocok untuk manik-manik yang lebih besar. Pita elastis yang lebih tipis lebih rapuh dan bekerja paling baik pada manik-manik yang lebih kecil. Benang elastis memiliki lapisan benang atau kain. Tali ini lebih tebal menurut ukuran gelang standar dan biasanya berwarna hitam dan putih.

Saat Anda sudah lebih mahir, coba gunakan kabel. Benang dari manik benang tidak dapat diikat seperti tali elastis, dan harus digunakan dengan manik benang dan kait. Manik-manik crimp membantu menahan gelang di tempatnya. Pastikan menggunakan kabel khusus untuk membuat gelang fleksibel. Kabel yang digunakan untuk membungkus kabel terlalu keras dan terlalu tebal, kawat logam jenis ini tidak cocok untuk pembuatan gelang. Untuk mempelajari cara membuat gelang manik-manik dengan pengait, silakan temukan instruksi.

Pertimbangkan untuk menggunakan kabel penyimpanan untuk mendapatkan gelang spiral yang menarik.

Harap dicatat bahwa manik-manik tertentu lebih cocok untuk jenis senar tertentu. Manik-manik kecil dapat dipasang pada tali elastis tipis dan tipis. Namun, manik-manik besar membutuhkan benda yang lebih berat, seperti tali atau kawat yang lebih tebal. Jika Anda menggunakan manik-manik besar, gelang juga membutuhkan panjang ekstra. Manik-manik ini mengisi ruang antara gelang dan pergelangan tangan, sehingga gelang bisa dikenakan lebih dekat.

Pilih manik-manik. Ada berbagai jenis manik-manik. Setiap manik memiliki bentuk tertentu, dan beberapa lebih cocok untuk desain tertentu daripada yang lain. Berikut ini adalah manik-manik paling umum yang dapat ditemukan di toko manik-manik atau toko kerajinan:

Manik-manik plastik paling murah dan tersedia dalam berbagai bentuk dan warna. Manik-manik ini cocok untuk kerajinan tangan anak-anak. Untuk membuat gelang yang menyenangkan dan aman untuk anak-anak, coba gunakan tali elastis berwarna cerah dan manik-manik poni plastik (diameter sekitar 0,5-1 cm).Kamu pula dapat memakai manik- manik alfabet supaya anak dapat menulis namanya di gelang.

Baca juga : Membuat Sendiri Pernak Pernik dari Kain Flanel

Bentuk manik-manik kaca sangat indah dan memiliki banyak warna. Manik-manik ini menangkap cahaya dengan baik dan memiliki kisaran harga rata-rata. Kebanyakan manik kaca transparan dan beberapa memiliki pola. Harga batu semi mulia seringkali lebih tinggi daripada harga manik-manik kaca. Selain itu, akan menjadi lebih berat. Karena terbuat dari bahan alami, tidak ada dua manik yang sama.

Anda juga bisa menemukan manik-manik yang terbuat dari bahan alami seperti kerang, kayu, gading, dan koral. Manik-manik seperti itu mahal dan unik. Tidak ada dua manik yang sama.

Sebelum memasang manik-manik ke tali elastis atau tali kawat baja, tentukan desainnya. Saat membeli manik-manik, Anda mungkin akan menemukannya bergelantungan. Ini adalah cara lain untuk mengemas manik-manik, bukan desain akhir. Lepaskan manik-manik dari tali dan atur di atas meja atau nampan manik-manik dengan pola baru. Berikut beberapa ide untuk desain gelang:

Tempatkan manik terbesar di tengah dan hubungkan manik terkecil ke arah pengait. Manik-manik besar dan kecil bergantian atau manik-manik spacer (manik-manik yang digunakan untuk memisahkan pola pada gelang, kalung, atau kerajinan manik-manik lainnya). Gunakan skema warna hangat (merah, oranye, kuning) atau warna sejuk (hijau, biru, dan ungu).

Pilih untaian manik-manik dengan warna yang sama tetapi ukuran dan corak yang berbeda. Misalnya, Anda bisa menggunakan manik-manik biru muda, biru sedang, dan biru tua. Pertimbangkan untuk membeli baki manik. Anda dapat menemukannya di bagian manik-manik di toko manik-manik atau toko kerajinan. Biasanya berwarna abu-abu dan memiliki tekstur lembut seperti krim.

Alat tersebut memiliki lubang besar dan kecil seperti kalung. Hal ini memungkinkan produsen gelang manik untuk mendesain pola dan memeriksa tampilan kalung atau gelang sebelum memasang manik ke tali.

2. Membuat Gelang Elastis

Kumpulkan barang habis pakai. Pita elastis paling mudah dibuat dan membutuhkan lebih sedikit peralatan. Anda bisa menggunakan tali bungee dan manik-manik kuda poni plastik untuk membuat gelang sederhana dan aman untuk anak-anak. Anda juga bisa menggunakan karet gelang transparan dan manik-manik kaca untuk membuat gelang cantik. Ini adalah daftar yang diperlukan:

Benang elastis
titisan
Menggunting
Plester atau pengikat
Lem super

Ukur pergelangan tangan Anda dan potong karet gelang sedikit lebih pendek. Ambil karet gelang dan lingkarkan di tengah pergelangan tangan Anda. Potong dengan gunting. Talinya agak lebih panjang supaya bisa diikat nanti. Regangkan tali elastis. Pegang karet gelang di antara jari-jari Anda dan regangkan perlahan. Hal ini mencegah karet gelang agar tidak meregang di kemudian hari dan menciptakan celah.

Tempelkan selotip ke salah satu ujung karet gelang. Ini mencegah manik-manik jatuh saat dipasang. Jika tidak ada selotip, atau jika selotip tidak menempel, gunakan pengikat. Pasang manik-manik ke tali elastis. Anda tidak memerlukan jarum untuk melakukannya; kebanyakan tali elastis cukup kaku untuk memasang manik-manik langsung ke tali. Kencangkan karet gelang di dekat ujung dan pasang manik.

Coba pasang lubang manik terbesar terlebih dahulu. Setelah gelang selesai dibuat, simpul dapat diselipkan di bawah manik-manik untuk menyembunyikan simpul. Lanjutkan menembus manik-manik hingga panjang yang diinginkan tercapai. Sesekali, jangan lupa melilitkan gelang di pergelangan tangan Anda. Manik pertama dan manik terakhir harus bersentuhan, dan gelang harus sedikit longgar. Gelang tidak boleh meregang di pergelangan tangan.

Jika Anda menemukan celah atau tali, Anda membutuhkan lebih banyak manik-manik. Sobek atau potong selotip dan ikat simpul persegi (simpul persegi / ahli bedah). Pertama, ikat ujung karet gelang ke atas dan ke bawah satu sama lain, seperti mengikat sepasang tali sepatu. Buat simpul lain seperti ini, tapi jangan kencangkan. Hasilnya akan terlihat seperti lingkaran. Bungkus salah satu ujung tali di salah satu sisi lingkaran.

Lakukan hal yang sama di sisi lain. Simpul sekarang bisa dikencangkan. Cobalah untuk mengikat ikatan di bawah salah satu manik-manik di sebelahnya. Ini akan menentukan bagaimana Anda membuat gelang itu. Jangan lupa siapkan lem super. Jika Anda bisa menyelipkan simpul di bawah salah satu manik-manik, potong sisa tali dan tempelkan lem ke simpul. Ikat ikatan di bawah manik-manik.

Jika simpul tidak pas dengan salah satu manik-manik, geser ujung tali ke dalam manik-manik. Oleskan lem ke simpul untuk mengamankannya.

3. Membuat Gelang dengan Pengait

Kumpulkan barang habis pakai. Gelang kait jauh lebih rumit dari gelang elastis. Anda akan membutuhkan alat dan bahan habis pakai lain untuk melengkapi gelang tersebut. Ini adalah daftar yang diperlukan:

Kawat untuk merangkai gelang

Pengait
2 buah crimp bead
2 buah seed bead
Manik-manik
Gunting kawat
Tang berujung lancip
Plester atau binder clip

Ukur pergelangan tangan dengan pita pengukur dan tambahkan 12 hingga 15 cm. Gelang harus dibuat lebih panjang agar bisa diselesaikan. Gelang juga harus sedikit longgar, jika tidak maka akan tidak nyaman. Akhirnya, karena beberapa manik-manik memberikan volume lebih dari yang lain, diperlukan pengukuran panjang tambahan.

Gunakan gunting kawat untuk memotong kawat gelang sepanjang ini. Kabel yang digunakan harus lembut dan fleksibel. Jangan gunakan kabel kaku yang dirancang untuk membungkus kabel. Anda dapat menemukan gelang di bagian manik-manik di toko manik-manik atau toko kerajinan. Biasanya terdapat gulungan yang berbentuk seperti piring ceper. Tempelkan selotip ke salah satu ujung kabel. Hal ini perlu dilakukan agar manik-manik bisa menempel tanpa terjatuh. Jika selotip tidak tersedia, pengikat dapat digunakan.

Pertimbangkan untuk menempatkan desain gelang di atas baki manik-manik. Jika tidak ada baki crimping, letakkan model tali di atas meja, di dekat pita pengukur. Ini memungkinkan Anda untuk dengan mudah menentukan berapa banyak manik-manik yang dibutuhkan untuk desain gelang. Jika Anda menggunakan desain sederhana (seperti dua manik-manik berwarna berselang-seling) atau desain acak, itu tidak perlu.

Pasang manik-manik ke kabel. Setelah menentukan polanya, mulailah mengeriting kabel. Tidak ada jarum yang dibutuhkan untuk menyelesaikan operasi ini. Dekatkan kabel ke ujung dan mulailah melakukan crimping. Pastikan untuk mengukur pergelangan tangan Anda dari waktu ke waktu; manik-manik besar akan menambah volume, jadi Anda perlu membuat gelang lebih panjang agar pas.

Ini dilakukan dengan menghubungkan manik-manik crimp, manik-manik biji (manik-manik berukuran kurang dari 1 mm) dan kait. Saat semua manik-manik dipasang ke kabel, kencangkan manik-manik terlebih dahulu, lalu sambungkan manik-manik benih, dan terakhir kaitnya. Tidak masalah bagian mana dari pengait yang dihubungkan terlebih dahulu.

Anda dapat menggunakan jenis pengait apa pun. Pengait pegas atau pengait lobster adalah yang paling umum, tetapi pengait magnet dapat membuat gelang lebih mudah dipasang dan dilepas. Masukkan kembali kawat ke dalam manik biji dan tekuk manik untuk membentuk lingkaran. Pengait harus digantung pada cincin besi.

Geser perlahan manik-manik crimp dan manik-manik biji ke arah kait. Manik-manik crimp dan butiran biji harus kencang, tetapi masih cukup longgar sehingga kail masih bisa berayun. Sisakan sekitar 2,5 cm di ujung kabel.

Gunakan tang runcing untuk menjepit manik-manik crimp. Pastikan untuk mencubitnya dengan erat. Kerutan adalah “simpul”, jadi perlu dikencangkan. Tarik kabelnya. Jika Anda ingin bergerak, tekan kuat crimp bead. Jangan potong ujung kabelnya. Balik gelang dan masukkan ujung kawat ke manik. Manik akan meluncur ke arah manik dan kait yang melengkung. Kencangkan ujung kawat ke beberapa manik pertama untuk menyembunyikannya. Pertama lepaskan selotip atau pengikat.

Ulangi proses ini untuk ujung kabel yang lain, tetapi jangan meremas manik crimp. Pasang manik-manik crimp, manik-manik biji, dan bagian lain dari kait. Masukkan kembali kawat ke dalam manik biji dan tekuk manik tersebut. Tarik perlahan ujung kawat agar manik rata dengan pengait.

Coba kenakan gelang dan sesuaikan jika perlu. Jika gelang terlalu besar, beberapa manik perlu dilepas. Jika gelang terlalu kecil, Anda perlu menambahkan manik-manik. Untuk melakukan ini, lepaskan kait, manik-manik biji dan manik-manik crimp, lalu buat penyesuaian. Pastikan untuk mengganti manik-manik crimp, manik-manik biji dan kait saat memasang gelang.

Jepit crimp bead dengan tang runcing, lalu tarik perlahan untuk menguji tegangannya. Jika Anda melihat sedikit perubahan, silakan tekan pengeritingannya. Masukkan ujung kabel menjadi dua hingga tiga manik, lalu potong kabel yang berlebih. Tekan permukaan datar pemotong kawat pada lasan, lalu potong sisa kabel dengan hati-hati.

4. Membuat Gelang dengan Beberapa Untaian

Kumpulkan barang habis pakai. Gelang multi-untai menyenangkan untuk dibuat. Semua untaian menggunakan jenis manik yang sama, tetapi warnanya berbeda. Anda juga dapat menggunakan berbagai jenis manik-manik untuk membuat setiap utas. Manik-manik biji sangat cocok untuk jenis gelang ini. Ini adalah daftar yang diperlukan:

Benang untuk merangkai gelang
Jarum untuk merangkai gelang
Manik-manik
Bead tip atau ujung manik (juga disebut dengan bead clamp, kulit kerang, bead end, atau string tip)
2 buah jump ring
Pengait
Tang berujung lancip
Gunting
Lem super

Ukur pergelangan tangan dan tambahkan 0,5 hingga 2,5 cm. Ini membuatnya lebih mudah untuk menggantung gelang di pergelangan tangan Anda. Selain itu, ini juga memberikan panjang manik-manik jadi. Potong menjadi dua tali dua kali panjang pergelangan tangan. Utas ini akan dilipat menjadi dua pada langkah berikutnya. Benang ini akan menjadi untaian manik-manik.

Pegang kedua benang, lipat menjadi dua, dan ikat simpul besar di dekat bagian atas garis lipatan. Membutuhkan 2 sampai 4 sesi. Jika terlihat berantakan, jangan khawatir. Karena node ini nantinya akan disembunyikan. Hasil akhirnya adalah simpul besar dan empat tali. Ini akan membuat gelang lebih kuat.

Oleskan selapis lem super ke simpul dan tempelkan ujung manik padanya (digunakan untuk menyembunyikan dan melindungi simpul dan membuat hubungan yang kuat dengan simpul dan kait lompat). Anda dapat menggunakan ujung jari atau tang runcing untuk menghubungkan ujung manik-manik. Simpul di ujung manik harus berada di sisi yang sama dengan ujung pendek dari benang tambahan. Ujung utas akan dipotong nanti.

Masukkan keempat helai ke dalam jarum gelang dan mulailah membuat manik-manik. Lanjutkan menambahkan manik-manik hingga gelang sedikit lebih pendek dari panjang yang diinginkan. Lepaskan jarum dan ikat beberapa simpul di dekat manik terakhir. Namun, jangan mengikat simpul terlalu kencang, karena ini akan memberi terlalu banyak tekanan pada benang. Cobalah untuk meninggalkan celah kecil antara simpul dan manik-manik.

Oleskan lem pada simpul, lalu kencangkan kepala manik di atasnya. Anda dapat menggunakan ujung jari atau tang runcing untuk menghubungkan ujung manik-manik. Simpul di ujung manik harus jauh dari manik. Ulangi proses ini untuk membuat untaian sebanyak yang dibutuhkan. Saat semua helai sudah selesai, susunlah secara berdampingan sehingga Anda bisa menemukan pola yang terlihat menarik. Jika Anda menyukai tampilan gelang yang “berantakan”, kepang kepangan ini dan jangan biarkan terpisah.

Gunakan tang runcing untuk membuka dua cincin lompat. Jepit cincin lompat dengan jari dan tang berujung runcing. Bagian jump ring yang tidak terhubung adalah di antara jari-jari dan tang. Pegang ring lompat dengan erat menggunakan tang, lalu lepaskan jari Anda dari tubuh. Cincin lompat akan terbuka. Ulangi langkah ini untuk cincin lompat lainnya.

Hubungkan bagian kait dan seutas manik ke loop lompat. Jepit ring lompat dengan tang runcing, lalu masukkan kait dan tali ke ring lompat. Salah satu ujung manik hanya dapat dimasukkan ke dalam ring lompat. Ujung lainnya harus menggantung dengan bebas. Ulangi proses ini untuk pengait lainnya dan ujung manik lainnya. Masukkan kait dan tali manik-manik ke dalam lompatan lompat lainnya. Tutup koneksi ring lompat.

Baca juga : Membuat Seni Kerts Lipat Berbentuk Bunga Mawar yang Cantik

5. Hal yang Anda Butuhkan

Gelang Elastis

Tali elastis untuk merangkai gelang
Manik-manik
Gunting
Plester atau binder clip
Lem super

Gelang Berpengait

Kawat untuk merangkai gelang
Pengait
2 buah crimp bead
2 buah seed bead
Manik-manik
Gunting kawat
Tang berujung lancip
Plester atau binder clip

Gelang dengan Beberapa Untaian

Benang untuk merangkai gelang
Jarum untuk merangkai gelang
Manik-manik
Bead tip atau ujung manik (juga disebut bead clamp, kulit kerang, bead end, atau string tip)
2 buah jump ring
Pengait
Tang berujung lancip
Gunting
Lem super

6. Tip

Cara terbaik adalah memotong kawat yang direntangkan atau kawat yang terlalu panjang. Anda bisa memperpendek tali atau kawatnya. Tapi jangan terlalu pendek, karena Anda harus memulainya dari awal. Buatlah banyak gelang dan berikan sebagai hadiah, atau jual secara online atau di pameran kerajinan tangan. Cobalah membuat beberapa gelang manik dan kenakan untuk menciptakan tampilan bohemian (bohemian).

peringatan

Jangan biarkan anak-anak bermain dengan manik-manik. Balita mungkin salah mengira manik-manik cerah sebagai permen dan menelannya.

Related Post

Pernak Pernik Dekorasi Kamar Murah yang Bisa Bikin Sendiri

Pernak Pernik Dekorasi Kamar Murah yang Bisa Bikin Sendiri – Sebagai tempat peristirahatan, ruangan harus bisa memberikan kenyamanan yang maksimal. Pernak Pernik Dekorasi Kamar Murah yang Bisa Bikin Sendiri partypail

Pernak Pernik Dekorasi Ruangan Untuk Penggemar BTS

Pernak Pernik Dekorasi Ruangan Untuk Penggemar BTS – BTS atau Bangtan Sonyeondan adalah salah satu idola KPop yang kini sudah sangat mendunia dan disukai banyak orang. Dengan jutaan penggemar dari

Ide Pernak Pernik Pesta Tema Tentara Terkeren

Ide Pernak Pernik Pesta Tema Tentara Terkeren – Ide pesta bertema yang bagus untuk dipikirkan, mencoba menelepon (setidaknya sebulan sebelumnya sebelum pesta) kantor perekrutan tentara terdekat, memberi tahu mereka tentang