Pernak Pernik Dekorasi Ala Negeri Sakura

Pernak Pernik Dekorasi Ala Negeri Sakura – Dengan berjalannya waktu, bangunan tempat tinggal tradisional Jepang tidak pernah kehilangan penggemar. Ciri khas bangunan tempat tinggal tradisional Jepang adalah penggunaan struktur kayu yang lantainya tidak menyentuh tanah dan pintu geser.

Pernak Pernik Dekorasi Ala Negeri Sakura

partypail – Ciri unik lain dari dekorasi bagian dalamnya rumah Jepang ialah selalu menunjukkan dataran kayu. Harmoni antara hiasan bidang dalamnya Jepang dan gaya arsitektur rumah tersebut menciptakan kesan rumah yang menyatu dengan alam.

Dikutip dari dekoruma, Di era modern sekarang ini, desain interior hunian Jepang memadukan model rumah tangga yang simpel dan bersih, sehingga menjadi ragam desain interior minimalis baru yang lebih natural. Anda bisa mencapainya dengan menambahkan dekorasi tanaman Jepang seperti pohon bonsai dan pohon bambu. Guna menambah keunikannya, Anda juga bisa menambahkan beberapa tanaman hias.

Apakah Anda sering menonton film yang diambil di Prefektur Sakura, Jepang? Terpesona dengan dekorasi interior rumah sederhana yang dijadikan latar belakang?

Desain interior rumah jepang sangat menarik dan bisa diaplikasikan pada interior rumah anda. Jika kamu berencana mengaplikasikan gaya desain interior rumah ala Jepang, berikut macam dekorasi pernak pernik rumah ala Jepang yang menarik perhatian!

Baca juga : Mudah Membuat Dekorasi Dinding Dalam Ruangan

Dekorasi Kamar Ala Negeri Sakura

Desain kamar tidur Jepang terkenal dengan kesederhanaan dan minimalis. Selain itu, budaya Jepang juga tercermin pada kecintaannya pada alam, sehingga tema alam sering tercermin pada desain ruangannya.

1. Penampilan

Di ruangan ini, Anda bisa merasakan budaya Jepang yang sederhana namun bersahaja dan inspirasi filosofis. Kuncinya antara lain desain furnitur minimalis berbahan alami, serta kombinasi warna gelap dan terang.

2. warna

Warna gelap dan terang dalam konsep keseimbangan Zen akan memengaruhi semua aspek kehidupan Jepang. Termasuk warna interior ruangan. Keseimbangan cahaya gelap dapat dicapai dengan mencocokkan warna kayu, bahan tekstil, dan bahan lainnya.

3. Tempat tidur

Selain warna, tempat tidur merupakan elemen yang membentuk ciri khas ruangan. Desain tempat tidur ini terinspirasi dari kebiasaan orang Jepang yang tidur di lantai dengan kasur yang dibentangkan sebelum digunakan, atau bisa juga berupa tempat tidur sederhana yang lebih rendah dari kayu.

4. Wallpaper

Wallpapernya mengingatkan kita pada rumah tradisional Jepang. Di kamar bergaya ini, Anda juga bisa mengaplikasikan jendela kaca yang dilapisi dengan tirai vertikal putih.

Lewat bingkai kotak-kotak dan efek sinar matahari di balik kaca, kesan wallpaper bisa dihadirkan.

2. Pintu geser interior rumah Jepang

Salah satu elemen dasar desain interior rumah Jepang adalah Shoji yang merupakan elemen rumah yang dapat digunakan sebagai pintu, jendela, dan sekat ruangan.

Mekanisme Shoji mirip dengan pintu geser pada rumah-rumah modern. Shoji unik karena permukaannya terbuat dari kertas transparan dengan bingkai kayu. Namun saat ini material kertas diganti dengan kaca kaca yang dipasang pada bingkai kayu.

Saat ini, orang Jepang masih menggunakan dekorasi interior rumah Jepang ini. Bukan hanya karena alasan estetika, tetapi juga karena mahalnya biaya memiliki rumah di Desa Sakura, rumah modern Jepang seringkali berukuran kecil, dan orang yang tinggal di kota padat masyarakat memilah buat carter aparteme n.

Salah satu upaya untuk menghemat dan memaksimalkan setiap jengkal ruang adalah dengan menggunakan pintu geser Shoji, karena pintu tradisional banyak menyita ruang. Dibandingkan dengan pintu biasa, fungsi penting dari pintu geser khas Jepang ini adalah tidak menghalangi sinar matahari dan pemandangan luar. Menghilangkan dinding besar pada rumah dengan pintu geser berbahan panel kaca mungkin bisa menjadi cara lain untuk mempercantik rumah.

3. Chabudai, meja rendah khas interior rumah tradisional Jepang

Jika Anda sering menonton film Jepang, Anda pasti sering melihat meja rendah sebagai bagian dari interior rumah Jepang, terutama pada rumah tradisional Jepang.

Nama meja kaki pendek ini adalah chabudai, dan panjang kakinya sekitar 15 cm hingga 30 cm. Chabudai terdiri dari empat kaki penyangga dan permukaannya terbuat dari kayu atau bambu.

Bagi yang ingin menyesuaikan dengan dekorasi interior gaya rumah Jepang, sebaiknya chabudai tidak menarik perhatian Anda. Chabudai tidak hanya menjadi elemen unik di dalam rumah tradisional Jepang, tetapi juga memiliki bentuk yang ramping dan kaki yang dapat dilepas sehingga dapat dengan mudah dipindahkan atau disimpan.

Pada dekorasi interior rumah Jepang modern, chabudai banyak digunakan untuk berbagai keperluan, seperti meja belajar sederhana, meja makan atau meja kerja. Chabudai sangat cocok ditempatkan di kamar anak, tanpa perlu duduk di kursi.

4. Tempat duduk lantai, bagian penting dari dekorasi interior rumah Jepang

Masyarakat barat kebanyakan menggunakan kursi sofa dengan kaki penyangga sebagai tempat duduk. Berbeda dengan orang Jepang, mereka memilih duduk di lantai bersama Zabton.

Zabuton adalah alas kain busa yang dilapisi kain dan digunakan sebagai tempat duduk di lantai dan kursi. Zabuton biasanya dipadukan dengan zaisu, yaitu kursi lesehan Jepang tanpa penyangga kaki. Kyousoku juga sering digunakan sebagai alat retort lengan di dalam rumah tradisional Jepang. Zabuton juga digunakan dalam meditasi

5. Cangkir teh Jepang

Negara-negara di Asia Timur memiliki tradisi minum teh seperti Inggris. Masyarakat Jepang memiliki tradisi minum teh yang unik. Cawan yang digunakan berbentuk tabung silinder yang terbuat dari tanah liat atau keramik. Cangkir ini disebut Yunoyu. Yunomi bertubuh tinggi, dan diameternya lebih pendek dari tinggi badannya.

Masyarakat tradisional Jepang menggunakan Yunomi sebagai tempat minum teh sehari-hari. Untuk acara formal, orang Jepang menggunakan mangkuk teh dan cangkir teh.

Yunomi dan chawan masih digunakan oleh orang Jepang, dan tidak jarang turis yang ke Jepang membeli cangkir teh ini sebagai dekorasi interior di rumah-rumah orang Jepang.

6. Pencahayaan interior rumah tradisional Jepang

Saat ini, orang di seluruh dunia cenderung memilih lampu LED dengan intensitas cahaya yang tinggi dan konsumsi daya yang rendah. Hal yang sama juga terjadi pada masyarakat Jepang modern.

Namun fenomena ini masih sering dijumpai pada dekorasi interior rumah tradisional Jepang yang memakai lampu pijar bersusun kertas. Lampu tipe ini juga digunakan untuk penerangan di luar rumah.

Bombori adalah salah satunya. Bentuk heksagonal, biasanya digunakan saat festival, penerangan lampu dan interior rumah tradisional Jepang digantung atau berdiri dengan tongkat kayu.

Di Jepang, perayaan yang disebut “Festival Bon” diadakan setiap tahun di Kota Kamakura, Prefektur Kanagawa Seniman dari Jepang dan luar negeri menempatkan lukisan di permukaan kertas Bang di Kuil Yasukuni. Agar suasana serta atmosfer Jepang terus menjadi kuat, Andadapat meningkatkan Bonbori sebagai riasan bidang dalamnya rumah Jepang versi Anda sendiri.

7. Byobu

Elemen dekorasi interior rumah Jepang paling ikonik, Byobu, adalah partisi lipat yang terdiri dari beberapa panel yang dihubungkan bersama dan didekorasi dengan lukisan dan kaligrafi. Orang Jepang menggunakan Byobu untuk memisahkan berbagai bagian interior rumah Jepang dan menciptakan ruang pribadi. Sebagai pembatas ruangan, pembatas yang dapat dilipat ini sangat populer di benua Eropa pada awal abad ke-19.

8. Anda harus mandi di dalam rumah Jepang

Dalam budaya Jepang, mencuci diri dengan air panas saat istirahat setelah beraktivitas telah menjadi kebiasaan genetik, dan kebiasaan ini telah digunakan sampai sekarang.

Membersihkan diri dengan membenamkan tubuh ibarat bermeditasi dalam masyarakat Jepang. Bak mandi atau bak mandi di rumah-rumah Jepang kecil dan dalam, dan mereka menolak untuk duduk seperti kursi.

Bathtub berendam adalah bagian penting dari interior rumah tradisional Jepang. Pada zaman dahulu, bathtub rendam terbuat dari kayu, namun saat ini kebanyakan menggunakan bathtub keramik karena lebih mudah ditemukan di pasaran.

9. Elemen kayu dan bambu pada interior rumah minimalis bergaya Jepang

Salah satu cara terbaik untuk menyelaraskan rumah Anda dengan alam adalah dengan menambahkan elemen kayu alami pada rumah. Budaya Jepang terbiasa menggunakan elemen kayu pada setiap dekorasi rumah, baik dinding, pintu, sekat maupun kusen, elemen tersebut semuanya adalah elemen kayu. Bambu terkadang menjadi pengganti desain interior rumah minimalis Jepang.

10. Dekorasi interior Jepang dengan desain minimalis di ruang depan

Ruang depan dengan desain interior Jepang yang simpel disebut genkan. Di sinilah pemilik rumah menyapa penyewa, dan juga tempat meletakkan sepatu, biasanya diganti dengan sandal dalam ruangan. Pada desain ini juga identik dengan penggunaan rak sepatu dari kayu getabako. Desain ruang depannya juga cukup simpel dan penuh cahaya alami.

11. Prinsip desain interior rumah minimalis ala Jepang

Desain interior rumah minimalis Jepang terkenal dengan gayanya yang bersih dan simpel. Bagaimana cara mendapatkan desain yang estetis dan sekaligus bergaya kekeluargaan modern dengan berbagai furnitur? Jawabannya adalah untuk membuat desain ruangan Anda simpel tanpa ada motivasi, sehingga tidak sulit untuk memasukkan furnitur dengan warna yang sama.

12. Ruang terbuka dan pencahayaan alami adalah kunci dekorasi interior rumah sederhana

Dengan pencahayaan alami, rumah Anda akan terlihat lebih luas dan cerah. Bagaimana Anda memasukkan cahaya alami ke dalam desain interior rumah sederhana? Gunakan banyak jendela dan pasang jenis plafon minimalis yang benar.Jangan lupa untuk memasang gorden minimalis sebagai pelengkap jendela Anda.

13. Warna-warna populer dalam dekorasi interior rumah sederhana bergaya Jepang

Untuk mempertahankan pemandangan alam ala Jepang, rumah ini mengadopsi warna-warna sederhana dan alami. Warna utama kayu biasanya berasal dari tanaman hias indoor atau coklat dengan unsur hijau. Untuk lantainya, interior rumah sederhana ini menggunakan lantai kayu atau abu-abu tua, dan salah satu sisi dindingnya dilapisi sekat sekat yang dilapisi kertas berwarna pastel.

Baca juga : Membuat Sebuah Origami Burung Bangau yang Menawan dan Indah

14. Ciptakan ruang meditasi

Merasa percaya diri di semua bagian rumah menggunakan dekorasi interior rumah sederhana ala Jepang? Tambahkan desain interior rumah sederhana ke ruang tamu dengan ruang meditasi. Anda bisa melakukan segala macam hal yang membuat rileks di sini, seperti meditasi, minum teh atau sekedar yoga. Untuk melakukan ini, cat seluruh dinding dengan warna lembut seperti hijau atau coklat, dan tambahkan sedikit tanaman hijau.

Bisakah dekorasi pernak pernik sederhana ala Jepang di atas menginspirasi Anda? Apalagi jika Anda sedang membangun rumah impian Anda. Penggunaan dekorasi interior rumah minimalis ala Jepang sendiri akan menjadi unik, karena belum banyak rumah di Indonesia yang mengadopsi gaya dekorasi interior minimalis negeri sakura tersebut.

Related Post

Membuat Penak Pernik Aksesori Cewek Handmade yang Cantik

Membuat Penak Pernik Aksesori Cewek Handmade yang Cantik – Aksesoris bisa membuat penampilan semakin sempurna. Di pasaran, tersedia banyak aksesori dalam berbagai model dan pilihan. Membuat Penak Pernik Aksesori Cewek

Toko Untuk Membeli Perlengkapa Dekorasi Ruangan Pesta

Toko Untuk Membeli Perlengkapan Dekorasi Ruangan Pesta – Ruangan pesta tanpa menggunakan dekorasi tentu saja seperti sayur tanpa garam yang rasanya hambar. Oleh karenanya, setiap menyelenggarakan sebuah pesta janga pernah

Perlengkapan Yang Perlu Disiapkan Di Hari Ulang Tahunmu

Perlengkapan Yang Perlu Disiapkan Di Hari Ulang Tahunmu

Perlengkapan Yang Perlu Disiapkan Di Hari Ulang Tahunmu – Ulang tahun adalah momen special yang hanya terulangsatu kali dalam satu tahun. Berulang tahun berarti Anda diberi berkah oleh Tuhan dan